Sejarah Teknologi Mesin Lift


lift

 

Lift

adalah angkutan transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang. Lift umumnya digunakan di gedung-gedung bertingkat tinggi; biasanya lebih dari tiga atau empat lantai. Gedung-gedung yang lebih rendah biasanya hanya mempunyai tangga atau eskalator.

Lift-lift pada zaman modern mempunyai tombol-tombol yang dapat dipilih penumpangnya sesuai lantai tujuan mereka, Terdapat tiga jenis mesin, yaitu Hidraulic, Traction atau katrol tetap, dan Hoist atau katrol ganda, Jenis hoist dapat dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu hoist dorong dan hoist tarik.
Sang penemu lift ini bernama Elisha Graves Otis.
Elisha Graves Otis lahir pada tanggal 3 Agustus 1811, di dekat Halifax, Vermont, Amerika Serikat.
Ayahnya, Stephen Otis jr. , bekerja sebagai hakim perdamaian dan legislator negara.

Sejak kecil, Otis memang tertarik dengan mesin-mesin berat. Minat itu berlanjut hingga dewasa. Otis menempuh pendidikan dasar di kota kelahirannya dan pindah ke Troy, New York pada usia 19 tahun.

Pekerjaan yang ditekuni Otis tidak jauh-jauh dari besi, mesin dan bengkel. Otis mendapatkan semua keahliannya itu dari mengamati dan belajar sendiri.
Pada usia 27 tahun Otis membuat gerbong kereta api dan kereta kuda di Vermont. Kemudian Otis bekerja sebagai operator toko mesin serta mendapat kepercayaan memimpin para montir di Albany, New York,ketika Otis berumur 34 tahun.

Pada tahun 1852 Otis mendapat tugas untuk mengawasi pembangunan pabrik di Yonkers, New York. Ketika itu Otis melihat benda-benda berat serta para pekerja diangkat ke atas menggunakan katrol. Melihat hal tersebut maka timbullah pemikiran bahwa akan sangat berbahaya jika tali katrol yang digunakan putus. Setelah melalui serangkaian percobaan maka beberapa bulan kemudian Otis menemukan alat pengaman lift. Barulah setelah itu pada tahun 1953, Otis merancang seluruh bagian lift.
Lift awalnya adalah derek yang terbuat dari tali. Pada tahun 1853, Elisha Graves Otis, salah seorang pionir dalam bidang lift, memperkenalkan lift yang menghindarkan jatuhnya ruang lift jika kabelnya putus. Rancangannya mirip dengan suatu jenis mekanisme keamanan yang masih digunakan hingga kini.
23 Maret 1857 – Lift Otis pertama dipasang di New York City.

1880 – Lift listrik pertama, dibuat oleh Werner von Siemens.

2004 – Pemasangan lift penumpang tercepat di dunia, di gedung Taipei 101 di Taipei, Taiwan. Kecepatannya adalah 1.010 meter per menit atau 60,6 km per jam saat naik, dan 600 meter per menit atau 36 km per jam saat turun. Dibuat oleh Toshiba, dimulai dari Lt. 5 s/d Lt. 89.

 

Sumber : Wiki dan lain nya.

1 thoughts on “Sejarah Teknologi Mesin Lift

  1. Ping-balik: Sejarah Teknologi Mesin Lift | Blog Student Unej: rozhaaulya37pssiunej

Tinggalkan komentar